Tuesday, January 29, 2019

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap
RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran K13 Revisi 2018 untuk Sekolah Dasar Kelas III SD/MI dengan buku edisi terbaru baru rev tahun 2018 yang kami bagikan ini hanya saebuah referensi untuk rekan-rekan semua,

RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, dengan unsur HOTS, Literasi,4C, PPK yang sesuai dengan acuan Kurikulum 2013 terbaru. dengan tema-tema sebagai berikut ini.

  • RPP Kelas 3 Tema Cuaca 
  • RPP Kelas 3 Tema 6 Energi dan Perubahannya 
  • RPP Kelas 3 Tema 7 Perkembangan Teknologi
  • RPP Kelas 3 Tema 8 Praja Muda Karana

Contoh RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018


C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui pengamatan teks bacaan, siswa dapat mengidentifikasi perkembanganteknologi pangan dengan benar.
2. Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat menemukan produk dari teknologi pangan dengan tepat.
3. Melalui pengamatan teks bacaan, siswa dapat mengelompokkan hasil panen dan hasil teknologi pangan dengan tepat.
4. Melalui pengamatan teks bacaan, siswa dapat menceritakan kembali isi teks bacaan secara lisan dengan lengkap.
5. Dengan mendengarkan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
6. Dengan menyimak penjelasan guru tentang pola irama, siswa dapat memahami perbedaan pola irama yang terdapat pada sebuah lagu dengan tepat.
7. Dengan mengidentifikasi pola irama dengan lirik lagu, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama lagu yang berbeda pada sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.
8. Dengan menyanyikan lagu “Tukang Sayur”, siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pda sebuah lagu dengan benar dan percaya diri.
9. Dengan mengamati bentuk tempe, siswa dapat mengidentifikasi luas permukaan bidang tempe dengan tepat.
10. Setelah mengidentifikasi luas permukaan bidang tempe, siswa dapat menjelaskan cara  menentukan luas dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
11. Dengan mengamati bagian-bagian permukaan tempe, siswa dapat menghitung luas permukaan bidang alas tempe dalam satuan tidak baku dengan tepat.
12. Setelah mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku dengan tepat.

Baca juga

RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap
Silabus SD Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semua Kelas Lengkap


1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplinan siswa).
3. Guru mengajak siswa untuk membuat komitmen tentang karakter apa yang mau mereka tunjukkan sepanjang proses belajar mengajar hari ini (kegiatan penguatan karakter).
4. Guru mengajak siswa bekerja sama dalam menjaga kebersihan kelas sepanjang pelajaran berlangsung pada hari ini.
5. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
Ayo Membaca
Siswa diperkenalkan dengan kata teknologi pangan.
Guru menjelaskan pengertian teknologi pangan dengan penjelasan sederhana yang mudah dipahami oleh siswa.
Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan, khususnya setelah panen. Teknologi adalah ilmu pengetahuan terapan (kbbi.web.id).

Siswa membaca teks secara bergantian dengan suara nyaring.(Penguatan Literasi)
Siswa menunjukkan kata-kata pada teks bacaan yang berkaitan dengan teknologi pangan.
Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Berikut ini contoh kata-kata yang mungkin belum dipahami siswa. Mengolah = memasak (mengerjakan, mengusahakan) sesuatu (barang, dsb.) supaya menjadi lain atau menjadi lebih sempurna Pangan = makanan (Communication)

Ayo Berlatih
Siswa mengamati isi teks bacaan yang berkaitan dengan jenis-jenis makanan.
Tanyakan kepada siswa mengenai judul dari teks yang telah dibaca
Siswa mengelompokkan makanan yang termasuk hasil panen atau bahan makanan segar dan hasil teknologi pangan pada buku siswa. Guru menilai kemampuan siswa dalam mengelompokkan makanan berdasarkan hasil panen dan hasil teknologi pangan.
Siswa diminta mengamati kalimat yang dicetak tebal dan berwarna merah pada teks bacaan.
Jelaskan pada siswa bahwa pada setiap paragraf terdapat kalimat utama. Kalimat utama pada setiap paragraf saling berkaitan. Dengan demikian, kumpulan dari kalimat utama dapat disusun menjadi sebuah ringkasan.
Siswa menuliskan ringkasan dari teks yang telah dibaca.
Siswa menceritakan kembali isi bacaan dengan kalimatnya sendiri secara bergantian dengan percaya diri. Guru melakukan penilaian kemampuan siswa bercerita. (HOTS)

Ayo Bernyanyi
Guru menunjukkan tempe sebagai salah satu produk dari teknologi pangan kepada siswa.
Guru memperdengarkan lagu “Tukang Sayur” yang merupakan lagu tentang makanan.
Ayo Berlatih
Guru menanyakan pada siswa apakah mereka masih ingat mengenai arti dari pola irama.
Siswa diingatkan kembali mengenai arti dari pola irama.
Minta siswa untuk berpasangan dan menyanyikan lagu “Tukang Sayur”. (Collaborative)
Siswa mengidentifikasi variasi pola irama yang berbeda pada lagu “Tukang Sayur”
Siswa menunjukkan variasi pola irama lagu yang berbeda dengan iringan tepuk tangan, petikan jari, dan tepuk meja.

Ayo Mengamati
Siswa diminta kembali mengamati tempe yang telah disiapkan oleh guru.
Guru menunjukkan poster/video/bercerita mengenai proses pembuatan tempe.
Guru bertanya, apakah siswa dapat menggunakan bentuk segitiga untuk mengukur luas permukaan alas tempe?
Siswa diminta menyusun tempe yang telah dipotong pada alas plastik dan mengamati apakah tempe segitiga dapat menutup seluruh permukaan alas?: 
Critical thinking and Problem Solving

Download RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Lengkap

Ayo Berlatih
Siswa mengerjakan latihan soal mengenai cara mengukur luas permukaan suatu bidang dengan satuan tidak baku menggunakan benda konkret yang terdapat pada buku siswa.
Guru memeriksa kepahaman siswa dengan melakukan tanya jawab dengan siswa.
Setelah selesai, siswa dan guru bersama-sama mengecek hasil jawaban. (Communication)

0 Comments

Post a Comment