RPP Kelas 4 SD Semester Dua Kurikulum 2013 Revisi, K13 Revisi pada semester 2 Kelas 4 atau empat SD/MI menyisakan 4 tema pada kurtilas yang baru ini memang ada sedikit perubahan pada format dan beberapa hal yang terinsert dalam Rencana pelaksanaan pembelajaran edisi revisi, seperti, kegiatan literasi, PPK, HOTS dan sebagainya.
- Tema 6 Cita-citaku
- Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Tema 9 Kayanya Negeriku
RPP Kelas 4 SD Semester Dua Kurikulum 2013 Revisi seperti sebelumnya terdiri dari 4 tema 4 subtema dan enam pembelajaran, berikut format nya.
Format atau contoh RPP Kelas 4 SD Semester Dua Kurikulum 2013 Revisi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Guru memberikan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apa yang tergambar pada sampul buku.
• Apa judul buku
• Kira-kira ini menceritakan tentang apa
• Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
6. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Baca juga
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi
Baca juga
RPP Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K13 Revisi
1. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
2. Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
3. Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
• Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
• Apakah kamu memiliki cita-cita?
• Apakah cita-citamu?
4. Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
5. Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
a. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
b. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
c. Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
• Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
• Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
• Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
• Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
d. Tunjukkan keteraturan itu!
2. Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
3. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ayo Berlatih
1. Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
2. Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
• Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
• Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
• Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
• Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
• Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuh an hewan yang kamu ketahui?
Ayo Berdiskusi
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.
0 Comments
Post a Comment