Monday, July 16, 2018

Silabus,Prota, Promes dan KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi

Silabus,Prota, Promes dan KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi, Program tahunan, Program Semester Silabus, KKM Kelas 6 K13 Revisi 2018 yang kami bagikan ini hanya sebuah referensi untuk rekan guru, Perangkat Kurikulum 2013 Revisi tahun 2018 untuk Guru SD/MI Kelas 6 ini merupakan bagian acauan yang baik untuk dijadikan referensi rekan guru.

Silabus,Prota, Promes dan KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi berisikan administrasi guru kurikulum 2013 terbaru kelas 6 SD/MI untuk kurtilas yang bapak ibu terapkan di sekolah masing-masing, tentunya sekali lagi jika di sesuaikan dengan keinginan bapak/ibu pasti jadi suatu hal yang sangat baik.
Baca juga
RPP Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Baru

Contoh Silabus,Prota, Promes dan KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi

Penentuan Jenis Penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.
a. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
b. Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
c. Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
d. Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. yang berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.

Baca juga
Buku Guru Dan Siswa Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Baru

e. Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

PENGEMBANG SILABUS
1. Pengembangan silabus pada tingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan.
2. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat daerah dilakukan oleh:
a. Tim Pengembangan Kurikulum provinsi untuk wilayah provinsi.
b. Tim Pengembangan Kurikulum kabupaten/kota untuk wilayah kabupaten/kota.
3. Pengembangan silabus muatan lokal pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), atau Pusat Kegiatan Guru (PKG).

Prota,Promes, Silabus,KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi

0 Comments

Post a Comment